Mengenal Apa itu Bisnis Online Berbasis Afiliasi

Mengenal Apa itu Bisnis Online Berbasis Afiliasi | blog.moegnzone.com 
Afiliasi adalah salah satu bidang bisnis internet yang sedang booming saat ini. Afiliasi sendiri merupakan konsep penjualan online yang melibatkan pemilik barang, perantara, dan pembeli. Di dunia nyata afiliasi sendiri bisa disamakan dengan calo, makelar, sponsor, atau perantara.
Seorang yang menjadi perantara didalam bisnis internet, biasanya disebut affiliate. Afiliasi sendiri berbeda dengan bisnis MLM (Multi Level Marketing) yang harus mencari downline untuk mencari pendapatan. Sedangkan, affiliate benar-benar mendapatkan pendapatan dari komisi menjual barang milik pedangang lain (merchant) tanpa harus mencari downline.
Setidaknya, ada 3 komponen yang terlibat dalam bisnis afiliasi, yaitu merchant (pedagang), affiliate, dan pembeli (konsumen).

1. Merchant (Pedangan)

Merchant atau pedangan yaitu pihak yang memiliki barang atau jasa yang dijual melalui internet maupun fisik. Barang yang dijual bisa berupa barang nyata (seperti buku, perhiasan, elektronik, dan lainnya), barang maya (seperti template web dan e-Book) atau jasa berupa sewa domain dan hosting.

Baca Juga : Apa yang dimaksud Merchant? Pengertian, Cara Kerja, Discount Rate, dan Produk Yang di Jual

2. Affiliate

Affiliate merupakan pihak yang menjadi perantara untuk menjual barang dan jasa dari pedagang, agar terjadi transaksi sehingga affiliate akan mendapatkan komisi dari transaksi yang berhasil.

3. Pembeli (Customer)

Pembeli merupakan pihak yang membeli barang maupun jasa yang ditawarkan dari pihak affiliate melalui internet. Pembeli sendiri tentunya akan memilih dalam membeli dan bertransaksi di internet sesuai dengan penawaran yang menarik dan menggiurkan dari para affiliate.
Setelah mengetahui siapa saja yang terlibat dalam bisnis afiliasi ini dan apa saja keuntungan yang didapat dari bisnis ini. Kini, lebih lanjut kita akan membahas mengenai bagaimana sistem kerjanya hingga affiliate bisa mendapatkan komisi dari penjualan sehingga bisnis afilisi ini menguntungkan.
Mengenal Apa itu Bisnis Online Berbasis Afiliasi | blog.moegnzone.com

Alur dari sistem bisnis afiliasi, kurang lebih seperti gambar di atas :
  1. Anda sebagai affiliate sudah terdaftar menjadi member salah satu merchant.
  2. Kemudaian memasang banner, link, atau produk didalam blog/website.
  3. Calon pembeli yang tertarik akan masuk menuju merchant yang menyediakan afiliasi.
  4. Jika tidak ada transaksi antara calon pembeli dan merchant, maka Anda sebagai affiliate tidak akan mendapat komisi. Beda lagi jika calon pembeli melakukan transaksi, maka Anda akan mendapatkan komisi sesuai dengan presentase yang sudah ditentukan sebelumnya oleh merchant.
Itulah merupakan ulasan mengenai bisnis online yang berbasis afiliasi, tidak perlu keluar modal banyak untuk menjalannya cukup bermodalkan kuota untuk promosi jika ada yang membeli maka kita akan mendapatkan komisi. Semoga ulasan ini memberikan wawasan dan bermanfaat untuk banyak orang, mohon maaf jika ada kesalahan maupun kekurangan. Akhir kata saya ucapkan terima kasih telah berkunjung. 🙂

Leave a Reply